Home / Akademik / Investasi Saham? Siapa Takut

Investasi Saham? Siapa Takut

IMG-20190913-WA0066Manado, 13 September 2019. Mahasiswa Pecinta Pasar Modal yang dikenal sebagai Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) Fakultas Ekonomi Bisnis Islam, IAIN Manado mengadakan Seminar Pasar Modal bekerjasama dengan IDX Sulawesi Utara dan MNC Sekuritas.

Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis Islam, Dr. Rosdalina Bukido, M.Hum. dalam sambutannya, mewakili Rektor IAIN Manado, menyatakan bahwa keengganan melakukan investasi di Pasar Modal karena ketidaktahuan dan faktor keyakinan seseorang. Bahkan Bu Dekan menyebutkan satu riset mahasiswa di Fakultas Ekonomi Bisnis Islam yang menyimpulkan bahwa mahasiswa IAIN Manado yang telah menerima kuliah Pasar Modal pun masih banyak yang belum tertarik terhadap investasi di Pasar Modal. Ini adalah masalah bersama yang harus diselesaikan dengan diselenggarakan seminar Pasar Modal.

Kegelisahan dekan FEBI ini perlahan terjawab oleh pemateri dari IDX Sulawesi Utara,Viscount K. Kotabunan, bahwa ketidaktahuan atau ketidak kenalan maka tidak mencintai sesuatu. Maka tepat-lah kehadiran saya di sini, mengenalkan untuk dicintai.

Hari ini, teknologi semakin memudahkan kita untuk melakukan apa saja, termasuk melakukan investasi online secara real time. Salah satu instrumen melakukan investasi adalah masuk di Pasar Modal atau kalau di Indonesia dikenal IDX.

Pasar Modal adalah tempat mempertemukan pencari modal jangka panjang dan seseorang yang ingin melakukan investasi. Di Indonesia hari ini tercatat sebanyak 648 perusahaan yang tercatat di IDX yang dapat ditempati investasi.

Banyak saham di sekitar kita yang dapat dimiliki secara personal dengan membeli 1 lot sahamnya (100 lembar saham). Jadi idealnya, kita tidak hanya jadi konsumen Indofood, Unilever dan lain-lain tetapi alangkah bagusnya apabila juga menjadi pemilik dari perusahaan tersebut. “Pilihlah perusahaan yang kalian tahu dan kenal sekaligus kalian gunakan produknya.” tandasnya.

Investasi saham adalah investasi jangka panjang. Jadi yang paling ideal bagi mahasiswa adalah Nabung Saham. Hal ini karena memiliki karakter yang mewakili jiwa mahasiswa millennials.

Nabung saham dengan MNC Sekuritas akan memudahkan mahasiswa kenal dan mencintai pasar modal. Kenapa, karena saku mahasiswa dapat menjangkau pasar modal dengan adanya galeri IDX di IAIN Manado yang bekerjasama dengan MNC Sekuritas.

Sebagai dasar hukum bagi mahasiswa yang ingin melakukan investasi adalah Fatwa MUI yang menyatakan bahwa investasi di pasar modal itu boleh kecuali pada produk-produk atau perusahaan-perusahaan yang memproduksi hal yang terlarang dalam agama.

Tiga cara mudah masuk di pasar modal. Pertama, siapkan Copy KTP, buku rekening dan NPWP, kemudian hubungi MNC Sekuritas dan download aplikasi MNC trade dan buat akun di MNC Sekuritas.

“Sekolah mahal, biaya nikah mahal, jadi harus investasi. Kenapa saham? Karena duit di tabungan akan tergerus terus” kata Giring Ghanesa.

Lebih lanjut dikatakan bahwa sesungguhnya investasi saham itu mudah. Hal ini dikemukakan oleh Jansen Sumual dari MNC Sekuritas cabang Manado. Dengan modal 100 ribu rupiah kita sudah bisa mulai melakukan investasi di pasar modal.

Investasi saham sangat menguntungkan apabila ditekuni dengan baik, dengan modal smartphone dan internet mahasiswa bisa melakukan investasi dengan mengikuti bursa efek.

Nabung saham juga merupakan proses edukasi bagi mahasiswa untuk mampu menganalisa dan mempelajari pergerakan saham di bursa efek.

Jadi nabung saham sesungguhnya adalah kuliah praktis bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Islam IAIN Manado. Selain bisa mendapatkan keuntungan dari proses nabung tersebut juga mendapatkan pengetahuan secara akademik terkait pasar modal.

Mengikuti paparan Jansen yang detail memberikan informasi begitu begitu berharga bagi pemula dan ingin melakukan investasi saham di bursa efek.

Bagi mahasiswa hal ini sangat menarik, jadi uang bulanan bisa disisihkan sedikit demi sedikit untuk melakukan investasi di pasar saham.

Modal 100 ribu sudah bisa mulai melakukan investasi di pasar modal. Peserta seminar begitu antusias menerima materi bahkan sebelum acara usia, dari ratusan peserta hampir 65% sudah menyiapkan berkas untuk membuka portofolio di MNC Sekuritas sebagai asal masuk di pasar modal.

Materi Jansen semakin menarik dengan adanya tutorial langsung yang ditayangkan di layar persentase. Tutorial dengan membuka satu akun untuk melakukan transaksi jual beli di aplikasi MNC Sekuritas.

Ternyata dari pemaparan Jansen melakukan transaksi di aplikasi sangat mudah dan mengasyikkan. Bahkan kemudahan aplikasi ini bisa digunakan siapa saja yang menggunakan smartphone.

Sebagai bahan pertimbangan dalam setiap ingin melakukan transaksi harus mengenal perusahaan akan ditempati melakukan investasi. Dan saran Jansen bagi pemula adalah belilah saham-saham yang dimiliki oleh perusahaan negara.

Investasi bisa dilakukan jangka panjang dan jangka pendek. Kalau murni ingin investasi maka pilih jangka panjang tapi apabila ingin jangka pendek maka jadilah trader. Namun jadi trader butuh keahlian khusus yang bisa diajarkan di sesi seminar berikutnya.

Selamat berinvestasi, hidup sejahtera di hari esok. Sukses di usia muda.

 

rsemmawi

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment