Home / Agenda Kegiatan / NgoCe Part#2

NgoCe Part#2

Manado, 27 Agustus 2020. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Manado kembali menyelenggarakan NgoCe (Ngobrol Cerdas) part 2.  Bertempat di ruangan ujian yang disulap menjadi Studio untuk kegiatan daring.

Riil pic studio FEBI

Riil pic studio FEBI

Dekan FEBI, Dr. Rosdalina Bukido, M.Hum., didampingi oleh host wakil dekan bidang akademik Dr. Andi Mukarramah Nagauleng, M.Pd., membuka dan memberikan arahan pada kegiatan tersebut.

IMG-20200827-WA0021Narasumber cantik dan cerdas Fitia Ayu Lestari Niu, M.SA., mengupas tuntas materi dengan judul Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan di Era Digital 4.0. Beliau adalah dosen muda FEBI IAIN MANADO sekaligus sekretaris Satuan Pengawas Internal (SPI) IAIN MANADO.

Dekan dalam sambutannya menyampaikan bahwa mahasiswa FEBI wajib hukumnya menguasai laporan keuangan baik secara manual maupun melalui digital. Hal ini juga dilakukan sebagai bentuk ikhtiar fakultas menyediakan wadah bagi mahasiswa dalam memenuhi kewajiban pengurusan ijazah yakni Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).

Hadir sebagai moderator ibu Chadijah Haris, ME. Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

Antusias peserta NgoCe part#2 karena pemateri menyampaikan data dan informasi dengan bahasa yang mudah dipahami walaupun materinya termasuk berat, akuntansi.

Pemateri menyampaikan bahwa, hari ini, laporan keuangan itu semakin dimudahkan dengan teknologi. Banyak aplikasi laporan akuntansi keuangan dapat digunakan sebagai alat bantu yang memudahkan untuk pelaporan keuangan.

Pemateri mengajak supaya belajar mengolah keuangan dengan memulai dari diri sendiri sebagai bahan latihan dalam penggunaan aplikasi. Ada beberapa tawaran aplikasi yang dapat digunakan, salah satunya adalah MYOB.

Sekedar informasi bahwa banyak sekali aplikasi yang dapat gunakan dalam sistem akuntansi digital hari ini. Berikut ini adalah beberapa aplikasi sebagaimana dikutip di laman brainly.co.id yaitu:

1. MYOB (Mind Your Own  Business) Accounting

Merupakan software olah data akuntansi secara terpadu (integrated software), yaitu proses pencatatan data transaksi akuntansi dilakukan dengan cara mengentri data transaksi melalui media formulir yang terdapat dalam command centre, kemudian program MYOB akan memproses secara otomatis, cepat, tepat, dan terpadu ke dalam seluruh catatan akuntansi dan berakhir dengan laporan keuangan.

2. K-system Indonesia

K-System adalah suatu software akuntansi yang terpadu dan di design khusus untuk kondisi di Indonesia.

3. Accurate Accounting

Software akuntansi yang memiliki versi bahasa Indonesia, dengan tampilan yang mirip MYOB, Accurate cukup user friendly. Kelebihannya form dan laporan dalam Accurate bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna, fitur pajaknya juga support dengan kebijakan di Indonesia. Ditambah lagi dukungannya terhadap multi: currency, user, departemen, gudang, dan proyek.

4. Zahir Accounting

Software akuntansi yang user friendly (mudah digunakan) dengan fitur yang lengkap dan sekaligus memberikan analisa laporan keuangan sehingga dapat membantu dalam mengambil keputusan bisnis.

5. Microsoft Office Accounting Express (MOAE)

Untuk membuat laporan keuangan dengan langsung menginput data transaksi dari nota, faktur, dkk tanpa perlu terlebih dahulu membuat jurnalnya. Sangat mudah, bahkan jika kita tidak mengerti akuntansi, dengan bantuan MOAE kita bisa membuat laporan keuangan dengan sangat baik.

6. Krishand

Software untuk membantu dalam hal pelaporan pajak.

7. Omega Accounting

Software akuntansi yang cocok untuk bisnis berbasis retail, distribusi, jasa, makanan dan minuman, atau perhotelan.

8. Quick Book

Software berbahasa Inggris ini menghasilkan laporan yang dilengkapi dengan grafik dan analisa yang akan sangat membantu untuk mengerti keadaan keuangan perusahaan.

9. iTBrain Indonesia

Merupakan program akuntansi yang dibuat oleh programmer Indonesia.

10. Easy Accounting System (EAS)

Cocok untuk bisnis seperti Jasa, Retail, Distribusi, Ekspor Impor, Konstruksi, Developer, Rumah Sakit, manufaktur, atau pendidikan. Kekurangan EAS yaitu tidak didukung web base, selain itu EAS juga hanya bisa dijalankan di OS Windows saja.

11. Acosys  Accounting

Software dikembangkan tahun 1997 dapat dikustomisasi, dan bisa dioperasikan pada platform windows, linux dan mac os.

12. Bee Accounting

Software yang multi platform, yang bisa dikostumisasi menggunakan tools development java. Software BEE sudah menyediakan modul yang lengkap.

13. MAS

Dikembangkan sejak tahun 1984. Bisa dimodifikasi untuk menyesuaikan kebutuhan penggunanya. Namun hanya menyediakan modul standar dalam aplikasinya. Software MAS dibandrol dengan harga 1 paket software minimal 4 juta, yang termasuk bonus training pengoperasiannya secara gratis bagi pengguna.

14. Integrated System

Menyediakan modul standar yang cukup lengkap namun untuk modul pelengkap dan modul inventory yang disiapkan hanya sedikit. Disamping itu software IS hanya kompatibel dengan platform windows.

15. Corcus  Accounting

Software yang dibuat tahun 2007 dengan modul yang sudah sangat lengkap.

16. Abipro  Accounting

Menyediakan modul yang sangat lengkap meliputi modul pembelian, penjualan, persediaan, buku besar, kas/bank, aktiva tetap, manajemen cek, konsolidasi, multi currency, multi project, multi departemen dan multilevel harga dalam softwarenya tersebut.

17. FINA  Accounting

Software akuntansi yang hanya cocok dipasang pada komputer dengan os windows saja.

18. Keysoft

19. Limax

Nantikan kembali NgoCe part 3 dengan narsum yang tidak kalah hebat lagi.

(RB).

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment