Sabtu (6 Agustus 2022), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Manado melanjutkan kegiatan pembuatan dan peyusunan RPS untuk Program Studi Perbankan Syariah. Pada kesempatan ini, narasumber yang hadir yaitu Prof. Dr. Ansar, S.E.,M.Si. Beliau menyampaikan tentang Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang nantinya akan dirumuskan kedalam Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) kemudian disusun kedalam sub CPMK. Selain itu, penyusunan ini harus mengaitkan pada definisi operasional revisi Taksonomi Bloom. Taksonomi Bloom berhubungan langsung dengan kata-kata operasional berdasarkan tingkatan yang akan dicapai dari materi mata kuliah.

Pencapaian materi mata kuliah harus disesuaikan juga dengan tingkatan semester mahasiswa agar terdapat progress, misalnya untuk mahasiswa yang sudah di semester 3 diharapkan dapat mencapai tingkatan analisis ataupun evaluasi. Namun, tidak dapat dipungkiri jika pembuatan RPS juga harus memperhatikan lembar kinerja mahasiswa yang dinilai berdasarkan dari kemampuan CPL tadi. Kemudian, kegiatan berlangsung ke tahap presentasi RPS untuk kemudian diberikan masukan oleh narasumber agar dapat diperbaiki dan digunakan oleh dosen lain yang sesuai dengan mata kuliah.

Selanjutnya kegiatan diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan kepada narasumber yang sudah berkesempatan hadir dan memberikan banyak ilmu kepada dosen-dosen yang membuat dan merancang RPS. Kegiatan ditutup langsung oleh Dekan FEBI Dr. Rosdalina Bukido, M.Hum, beliau menyampaikan pesan bahwasanya kedepan FEBI dapat maju dan diminati oleh calon-calon mahasiswa yang ingin belajar di IAIN Manado.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder