IMG_20190712_143723

Pada hari Jum’at, tanggal 12 Juli 2019 pukul 08:15, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) melaksanakan Pembukaan Kegiatan Ujian Komprehensif atas empat orang mahasiswa yang seluruhnya merupakan mahasiswi FEBI prodi Ekonomi Syariah, yaitu Karlina Aprilianingrum Bawenti, Khusnul Aryani Mulyono, Syafira Achmad Utami, dan Lastri Wulandini Saikun. Kegiatan tersebut diselenggarakan di gedung FEBI IAIN Manado.

Kegiatan yang dibuka oleh Kaprodi Ekonomi Syari’ah diawali dengan memperkenalkan peserta ujian komprehensif, dilanjutkan dengan arahan dari Dekan FEBI Dr. Rosdalina, M.Hum. Dekan memberikan penjelasan bahwa ujian komprehensif merupakan salah satu kewajiban mahasiswa untuk sampai pada tahap akhir studi pada perguruan tinggi di IAIN Manado. Ujian komprehensif dianggap sebagai bentuk ujian untuk melihat pemahaman dan pendalaman mahasiswa atas materi-materi perkuliahan yang telah diberikan dari semester awal hingga akhir perkuliahan. Materi ujian dibagi menjadi tiga sesi yaitu, MKDU (Materi Kuliah Dasar Umum), MKDK (Materi Kuliah Dasar Kejuruan), dan MKK (Materi Kuliah Kejuruan). Setiap sesi ini dipisahkan, mulai dari MKK yang dilaksanakan pada hari Jum’at, MKDK pada hari Senin, dan MKDU pada hari Selasa.

IMG_20190712_143929IMG_20190712_143830

Berdasarkan surat keputusan atas penetapan dosen penguji ujian komprehensif, bahwa yang menguji peserta yang bernama Karlina Aprilianingrum Bawenti adalah Drs. Ridwal Jamal, S.Ag., MHI untuk MKDU, Ridwan Tabe, M.Si untuk MKDK, dan Ramli, MH., M.Phil untuk MKK. Mahasiswi atas nama Khusnul Aryani Mulyono diuji oleh Dr. Andi Mukarramah Nagauleng, M.Pd untuk MKDU, Rahmawati, M.Si untuk MKDK, dan Nur Shadiq Sandimula, SHI, ME untuk MKK. Sedangkan yang menguji mahasiswi atas nama Syafira Achmad Utami adalah Dr. Hj. Nurlaila Harun, M.Si untuk MKDU, Hj. Nur Fitry Latief, SE., AK., MSA., CA untuk MKDK, dan Syarifuddin, M.Ag untuk MKK. Terakhir, sebagai penguji mahasiswi atas nama Lastri Wulandini Saikun adalah Dr. Rosdalina, S.Ag., M.Hum untuk MKDU, Dr. Hj. Radliyah Hasan Jan, M.Si untuk MKDK, dan Sjamsuddin AK Antuli, S.Ag., M.A untuk MKK.

Ujian komprehensif dimaksudkan agar dosen penguji dapat melakukan eksplorasi atas kemampuan mahasiswa FEBI IAIN Manado tingkat akhir sebelum mereka memperoleh gelar sarjana bidang Ekonomi Syariah maupun Perbankan Syariah. Hal ini dianggap penting dan substansial bagi calon lulusan, agar memiliki kompetensi yang mendalam pada bidang studi keilmuan masing-masing baik secara teoritis maupun praktis. Disamping itu agar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Manado mempunyai kualitas lulusan dan alumni yang mampu bersaing baik dalam bidang akademik keilmuan, maupun karir pekerjaan. (Nss)

 

Categories: SOP

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder