Sabtu (19 Agustus 2023), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Manado mengadakan agenda kegiatan PBAK (Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan) dan Temu Wali. Kegiatan yang dilaksanakan pada akhir pekan tidak menyurut semangat dan partisipasi aktif para pejabat dan civitas akademika FEBI untuk turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan yang dimulai pada jam 08.30 tersebut dihadiri oleh Dekan FEBI Dr. Hj. Radlyah Hasan Jan, M.Si, Wakil Dekan I bidang Akademik dan Pengembangan Dr. Ridwan Tabe, S.Pd., M.Si, Wakil Dekan II bidang Administrasi dan Keuangan Dr. Hj. Nurlaila Harun, M.Si., Wakil Dekan III bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Syarifuddin, S.Ag., M.Ag, Kabag TU Fanny Zaman, S.Ag, Kaprodi Perbankan Syariah Nur Shadiq Sandimula, ME dan sekprodi Chadijah Haris, MM, Sekprodi Ekonomi Syariah Lily Anggraini, MSA, para pejabat Fungsional Emil Rowiyan, SE dan Aditya Fathonah Toreh, M.E, serta JFU Abdul Razak, S.Ag dan para dosen dan mahasiswa magang.

Ketua panitia pada kegiatan ini adalah Wakil Dekan III FEBI Dr. Syarifuddin, M.Ag yang juga berpartisipasi dalam memberikan materi kepada para mahasiswa baru bersama para undangan pemateri eksternal baik dari pihak alumni maupun stakeholder yang berasal dari Bank BRI, BAZNAS, dan Pegadaian.

Dr Hj. Radlyah Hasan Jan, M.Si selaku dekan FEBI memberikan arahan kepada para mahasiswa, bahwa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam merupakan wadah yang tepat bagi mahasiswa yang ingin mengembangkan kompetensi dalam aspek teoritis maupun praktis dalam bidang ekonomi dan perbankan Syariah. Tidak lupa beliau juga memperkenalkan satu per satu jajaran pimpinan dan pejabat yang ada di fakultas.

Pada kegiatan temu alumni, Balgis Nur Yarbo, S.E dan Zulkarnain Karundeng, S.E menjadi pemateri dalam pertemuan tersebut. Balgis menekankan kepada setiap mahasiswa baru untuk dapat memanage waktu mereka selama kuliah. Jadikan kuliah sebagai prioritas dan berorganisasi secara totalitas. Zulkarnain juga menuturkan Bahwa setiap mahasiswa baru harus menguasai beberapa hal, diantaranya aktif di dalam kelas, comunication skill, manage organisasi, dan yang paling utama adalah mengedepankan sikap jujur.

Selanjutnya kegiatan bersama PT. Pegadaian dengan tema kegiatan “Pegadaian Peduli Pendidikan” yang menghadirkan pemateri internal yakni Wakil Dekan III Dr. Syarifuddin, M.Ag, dan pemateri eksternal dari pihak Pegadaian yaitu Wita Mayangsari Pimpinan Cabang PT. Pegadaian Mega Mas Manado. Kegiatan ini merupakan bentuk agenda literasi keuangan bagi para mahasiswa baru agar lebih mengenal dan memiliki wawasan tentang keuangan pada umumnya dan pegadaian secara khusus.

Pada kegiatan temu wali, keterangan dekan FEBI lebih lanjut diperkuat oleh Wakil Dekan I Dr. Ridwan Tabe, M.Si yang menjelaskan bahwa FEBI telah memulai mengimplementasikan kurikulum KKNI yang menerapkan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yang akan terus menyesuaikan dengan perkembangan ekonomi dan industri nasional maupun internasional agar dapat menghasilkan mahasiswa yang memiliki kompetensi bertaraf internasional.

Para ketua dan wakil program studi juga memberikan sedikit uraian tentang visi misi prodi serta profil lulusan yang hendak dihasilkan oleh program studi yang ada di FEBI. Terakhir adalah sesi tanya jawab dengan para wali yang mempertanyakan prospek ke depan dari FEBI yang dijawab dengan gamblang oleh Wakil Dekan I dan para ketua prodi. Kemudian sebelum menutup acara, para pimpinan mengambil dokumentasi bersama para mahasiswa baru dan orang tua wali.

#FEBIUnggul

#FEBIProfesional


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder