Pada tanggal 2-5 Juli 2024, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Manado Dr. Radlyah Hasan Jan, SE, M.Si, CGAM, CWC mengikuti Workshop Kurikulum Outcome Based Education (OBE) yang diselenggarakan di PIH Wisma Batam. Kegiatan ini diadakan oleh Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (AFEBIS) dengan tujuan untuk memberikan Pemahaman mengenai konsep dan Implementasi Kurikulum Berbasis OBE di berbagai PTKIN secara umum, dan di setiap Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam secara khusus.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Prof. Dr. Ibnu Qizam, SE, M.S.I, Ak, CA dan Prof. Dr Tulus Suryanto, MM, Ak (Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung). Kedua narasumber menguraikan secara detail dan deskriptif terkait penerapan OBE secara praktis pada struktur pengajaran yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Kurikulum OBE ini dirancang sebagai kiat untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Penekanan pada dampak dan luaran diharapkan dapat memberikan maslahat untuk pengembangan pendidikan pada setiap PTKIN di Indonesia.

Dr. Radlyah Hassn Jan, SE, M.Si, CGAM, CWC selaku dekan FEBI IAIN Manado menyampaikan bahwa Kurikulum Berbasis OBE tidak hanya menekankan pada pengetahuan, tapi pada pengembangan ketrampilan dan sikap yang sesuai dengan Pasar Kerja dan tuntutan Global. Melalui Workshop ini Fakultas ataupun KPPS yang mengelola dan menyusun rancangan pendidikan tinggi dapat merancang kurikulum yang lebih responsif dan adaptif terhadap perkembangan zaman. Diantara hal yang dipertimbangkan adalah dampak bagi stakeholder dan pengguna lulusan.

Pada kegiatan ini para dekan diminta untuk berdiskusi terkait dengan penerpan kurikulum berbasis OBE yang lebih implementatif untuk diterapkan di berbagai Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam masing-masing PTKIN. Hal ini penting dilakukan sebagai acuan dari standar internasionalisasi yang diminta oleh lembaga Akreditasi, secara khusus LAMEMBA agar kurikulum yang rancang bertaraf internasional. Kegiatan diakhir dengan foto bersama seluruh peserta yang terdiri dari para pimpinan dan pejabat tinggi dalam Fakultas.

RHJ.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder